Perbedaan British English dan American English

british-english-vs-american-english

Apa sih bedanya American English (AmE) and British English (BrE)? Pertanyaan itu sering kali kudengar. Karena itulah aku ingin membuat tulisan ini, sebelum kita membahas tentang perbedaan itu, alangkah baiknya kita mengetahui sejarah penyebab perbedaan tersebut.

Sejarah American English (AmE)

Bahasa Inggris pertama kali di perkenalkan kepada orang Amerika oleh kolonial Inggris pada tahun 1607 di Jamestown, Virginia. Kemudian bahasa itu menyebar hampir ¼ dari seluruh jumlah penduduk dunia pada saat itu.

Lebih dari 400 tahun bahasa Inggris digunakan di Amerika, khususnya di United State. Penyebab terjadinya perbedaan antara kedua dialek ini diselenggarai karena buruknya komunikasi melalui radio, televise maupun internet, karena adanya perbedaan yang signifikan antara British dan Amerika, pada tahun 1982 Noah Webster membuat sebuah kamus English America, yang saat ini terkenal dengan Merriam-Webster Dictionary yang menunjukan perbedaan dialek antara English America dan English British.

Lalu apa saja perbedaan tersebut:

 

  1. Grammar

Grammar yang paling menonjol perbedaannya adalah penggunaan already, yet and just. Pada English British, penggunaan kata tersebut hanya di perbolehkan pada tenses “perfect tense” sedangkan pada English America, dapat digunakan pada “simple past tense” maupun “perfect tense”

Perhatikan contoh berikut :

 

British America
She has just arrived She just arrived
I have already done my homework I already did my homework
They haven’t got any score yet They didn’t get any score yet

Penggunaan “have got” dan “have”

British America
I have got three sisters I have three sisters
He has got a new car He has a new car
  1. Vocabulary

Banyak sekali kosa kata yang berbeda, dan dibawah ini saya berikan kosa kata yang bisa saya dapatkan :

British America
A pack of sugar, flour A bag of sugar, flour
Opposite Across the street
Fairground ride Amusement
Flat Apartement
Fair (hair) Blonde
Fully booked Booked up
Coffee shop Café
Mobile phone Cell phone
Bill Check
Wardrobe Closet
Hally of residence Dormitory
City center Downtown
Lift Elevator
Autumn Fall
Ground floor First floor
Chips French fries
Cinema Movie
Petrol station Gas station
  1. Number

Perbedaan juga terlihat pada pengucapan number, contohnya pada kata “billion”, English America menggunakan kata “billion” yang mempunyai arti “seribu juta”, sedangkan pada English British, “billion”  mempunyai arti “juta” sedangkan “seribu juta” dinyatakan sebagai “milliard” pada English British

Pengucapan tahun juga mengalami perbedaan disini, kita ambil contoh, tahun 1928, pada British akan diucapkan “nineteen and twenty eight” sedangkan America “nineteen twenty eight”

  1. Date

Perbedaan penulisan juga terjadi pada format penanggalan, seperti bila kita ingin mengucapkan tanggal 21 july 2017, maka :

British : The 21st of April, twenty and seventeen.

America : April 21st twenty seventeen.

Mana yang lebih mudah dipelajari?

Tak ada bahasa yang lebih sulit atau lebih mudah untuk di pelajari, termasuk tentang perbedaan antara British dengan America, namun perlu diperhatikan jika menghadapi International English Test, seperti ICGSE, maupun TOEFL dan juga TOEIC, kedua bahasa itu tetap benar dimata para penguji, yang perlu kita pahami adalah konsistensi kita menggunakan bahasa tersebut, jangan sampai dicampur-campur antara English dengan America, jika menyangkut test tertulis.

 

Mana dapat kelas gratis?

Mau dapat kelas gratis dan merchandise menarik dari DE, klik http://bit.ly/1LdZQ2V

 

Sumber: nanikastutik91.blogspot.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: