7 Hal yang Wajib Kamu Persiapkan Sebelum Kuliah di Luar Negeri

 

Pergi ke suatu negara lain tentu berbeda dengan bepergian ke luar kota. Banyak hal yang perlu kita persiapkan agar semuanya berjalan dengan lancar.

Terdapat beberapa hal yang bisa kita persiapkan sedari di tanah air. Jika Anda persiapkan dengan baik, maka kesempatan kita berhasil di negara tersebut akan semakin besar. Hal-hal tersebut adalah antara lain:

  1. Informasi Mengenai Negara Tersebut

Ini adalah hal penting yang tidak boleh terlewatkan, kita harus benar-benar tahu kenapa kita memilih negara tersebut sebagai tempat belajar, apa saja alasan kita. Kemudian, apakah semua itu sesuai dengan kenyataan di lapangan. Pembelajaran baik dari sisi akademis, kebudayaan, makanan, dan sebagainya bisa didapat dari berbagai tempat. Seperti buku ini, internet, film-film India, youtube, Kedutaan negara tersebut di Jakarta, mahasiswa atau para alumninya di Indonesia. Pemahaman menyeluruh tentang negara tersebut membuat kita siap untuk belajar dengan lebih baik kelak.

Kamu harus benar-benar paham dan yakin tentang negara yang ingin Kamu jadikan tempat kuliah. Jangan sampai Kamu menyesal saat tiba di sana. Penyesalan itu bisa Kamu minimalisir dengan mempelajari sebanyak mungkin tentang negara tersebut. Jika sudah mantap menentukan tujuan baru Kamu masuk ke nomor dua di bawah ini

  1. Pelajaran

Tujuan utama kita adalah belajar, jadi kita perlu menyiapkan materi kuliah yang akan kita dapatkan di sana kelak. Khususnya bagi siswa lulusan SMA yang pelajarannya masih bersifat umum. Ketika Kamu sudah memilih jurusan apa yang kamu masuki, sebaiknya Kamu mulai belajar di Indonesia. Hal ini diperlukan untuk membuat Kamu lebih nyaman saat belajar di India. Ada teman yang mengambil jurusan fisika, tapi kurang persiapan dan pelajaran yang berat akhirnya membuat dia gagal di tengah jalan. Oleh karenanya, mulai buka buku, browsing internet, diskusi dengan ahli mengenai mata kuliah yang akan Kamu ambil. Hal ini benar-benar akan memudahkan kamu selama berada di sana. Mata kuliah yang diajarkan biasanya bisa diakses melalui website universitas, atau konsultasi dengan mahasiswa yang sudah kuliah di sana. Jika dirasa perlu, Kamu bisa membawa beberapa buku pelajaran dari Indonesia untuk membantu pemahaman. Diharapkan dengan persiapan awal sejak di tanah air, menjadikan awal tahun ajaran Kamu menjadi lebih menyenangkan karena Kamu lebih cepat beradaptasi dengan mata kuliah yang diambil.

Bagi mahasiswa S2, mengambil jurusan yang linear dengan jurusan saat S1 akan sangat membantu. Ini mempermudah Kamu mempelajari materi kuliah yang kemungkinan besar dasar ilmunya sudah Kamu pelajari saat kuliah S1.

  1. Bahasa Inggris

Memang bahasa tubuh adalah bahasa universal, dan dimengerti oleh semua orang. Tapi jika kita mau kuliah di luar negeri, menguasai bahasa asing biasanya bahasa Inggris adalah wajib hukumnya. Di sana bahasa Inggris wajib untuk digunakan.

Wajib karena jika Kamu tidak bisa, maka tidak ada yang bisa mengerti apa yang Kamu katakan. Oleh karenanya, penguasaan Bahasa Inggris sangatlah penting untuk dapat bertahan hidup di dunia perkuliahan dan kehidupan sehari-hari. Persiapkan kemampuan berbahasa Inggris Kamu sedari dini, khususnya bahasa Inggris untuk komunikasi langsung (listening dan speaking). Sistem pendidikan di Indonesia mengajarkan kita untuk menjadi ahli grammar Bahasa Inggris, sedangkan praktiknya sendiri kurang sekali. Belajarlah untuk membiasakan diri berbicara Bahasa Inggris agar tidak gagap setibanya di sana. Tes TOEFL juga bisa diambil sebagai tes pengukur tingkat kemampuan Bahasa Inggris kita. Terlebih lagi bagi yang mau mengambil beasiswa, karena TOEFL adalah salah satu syaratnya.

  1. Keuangan

Persiapan yang satu ini juga diperlukan agar kita dapat belajar dengan tenang selama di India. Tidak hanya bagi calon mahasiswa dengan biaya sendiri, para penerima beasiswa juga harus mempersiapkan uang. Terutama untuk masa-masa awal kedatangan. Pertama kali datang akan banyak pengeluaran yang dibutuhkan. Bagi mahasiswa dengan biaya sendiri, usahakan untuk membawa uang cukup saat pertama kali datang untuk mengurus berbagai keperluan seperti pembayaran uang kuliah, menyewa rumah, membeli peralatan rumah, buku-buku, dsb. Uang tidak harus dalam bentuk uang tunai. Anda bisa menarik lewat ATM di bank lokal, dengan ATM yang berlabel Visa dan Cirrus.

  1. Kesehatan

Kesehatan jasmani juga penting bagi para mahasiswa. Jagalah kesehatan baik-baik sedari di Indonesia. Seimbangkan kegiatan belajarmu dengan olahraga atau refreshing dengan frekuensi yang pas. Sakit saat berada di luar negeri dapat menghambat kegiatan belajar. Namun, jika sakit mahasiswa memiliki keuntungan klinik/rumah sakit yang berada di lingkungan kampus. Sekali kita mendapatkan kartu mahasiswa kita bisa berobat di sana dengan gratis untuk berbagai jenis penyakit. Untuk penyakit lebih serius yang mengharuskan Kamu dirawat di rumah sakit, penerima beasiswa biasanya akan mendapatkan tanggungan biaya pengobatan.

Jika Kamu bukan penerima beasiswa, segeralah mendaftar program asuransi. Kamu bisa tanya program asuransi ini di universitas. Jika tidak disediakan, cari alternatif asuransi dari pihak swasta. Hal ini sangat penting, Kamu tidak ingin sakit di negeri orang. Apalagi kalau keadaan sakit tersebut nanti sampai mengganggu proses belajar Kamu.

  1. Mental

Ini bagian paling penting, ketika ditanya mengenai hal yang perlu dipersiapkan untuk ke luar negeri jawabannya adalah mental, mental dan mental. Mental yang kuat akan membuat kita bisa bertahan dan sukses hidup di luar negeri. Perilaku sering mengeluh dan mudah menyerah tidak akan membawa kita kemana-mana. Biasanya masa-masa paling sulit adalah 3 bulan pertama, saat penyesuaian diri. Setelah itu, mahasiswa akan menikmati tinggal dan kuliah di luar negeri.

Latihlah mental Kamu dengan membiasakan diri untuk pergi ke tempat-tempat baru. Bertemu dengan orang baru dan bergabung dengan berbagai komunitas juga bisa membentuk mental kamu menjadi lebih terbuka terhadap perubahan.

  1. Action

Jika semua persiapan tersebut sudah Kamu lakukan. Sekarang saatnya untuk berangkat. Tidak ada gunanya persiapan super matang tapi tidak jadi berangkat. Wujudkan mimpimu selama ini untuk kuliah ke luar negeri. Yakinlah sepenuh hati bahwa kamu mampu.

Itulah beberapa persiapan yang bisa kamu lakukan sebelum berangkat ke luar negeri. Pastikan Kamu sudah melakukannya dengan benar. Jangan sampai Kamu menyesal saat sampai di India.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: